Monday 4 May 2015

KASUS 2-1

     1.       Apakah anda setuju dengan pendapat yang dikemukan Cairn bahwa klasifikasi akuntansi terlalu sederhana dan kurang relevan dalam dunia saat ini? Apakah usaha-usaha untuk mengklasifikasi akuntansi tidak bermanfaat dan ketinggalan zaman? Mengapa dan mengapa tidak?

Jawab:
Saya kurang setuju, menurut saya mengkalsifikasi akuntansi sangat bermanfaat untuk perkembangan akuntansi khususnya untuk akuntansi internasional, apalagi di era sekarang dimana semua yang menyangkut dengan kegiatan akuntansi sangat diperlukan terutama untuk perusahaan-perusahaan yang sudah bertaraf internasional.  Dan akuntansi sangat berguna sebagai alat atau informasi bagi para pengambil keputusan di sebuah perusahaan.

     2.       Beberapa pengamat berpendapat bahwa pelaporan keuangan menjadi semakin mirip dengan dikalangan perusahaan "kelas dunia" - perusahan-perusahaan multinasional terbesar didunia -dan khususnya yang mencatatkan sahamnya dibursa efek utama seperti London, New York, Tokyo. Apakah relevansinya pendapat ini terhadap klasifikasi akuntansi dan apa saja faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini?

Jawab:
Menurut saya perusahaan-perusahaan multinasional yang sekarang sudah menyesuaikan laporan keuangan mereka sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi internasional. Dan menurut saya itu hal yang memang harus dilakukan karna akuntansi sebuah perusahaan yang baik adalah yang dapat menyesuaikan dengan perkembangan akuntansi internasional. Sehingga informasi yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai sarana informasi bagi para akuntan diseluruh dunia. Jadi menurut saya pernyataan tersebut tidak sesuai dengan yang terjadi saat ini.

No comments:

Post a Comment